Profil STIE Semarang.

Sejarah, Visi dan Misi, Fasilitas dan Kerjasama

Sejarah Singkat

STIE SEMARANG sebagai salah satu lembaga pendidikan yang didirikan sebagai wujud dari pengembangan dan pencerahan baru Akademi Manajemen Koperasi (AKOP SEMARANG) yang didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 84/D/0/2000 tanggal 9 Juni 2000, dibawah penyelenggaraan Yayasan Pendidikan Koperasi (YAPENKOP) Semarang

Berdirinya STIE SEMARANG diawali akan tantangan dan kebutuhan tenaga ahli terapan dibidang ekonomi yang profesional, padahal keahlian dibidang tersebut sangat dibutuhkan oleh sebagaian besar perusahaan–perusahaaan maupun instansi pemerintah. Saat ini STIE SEMARANG telah mampu meningkatkan mutu dan kualitas pendidikannya serta siap menghadapi persaingan global dengan membuka : dua program studi Strata Satu (S1 Manajemen dan Akuntansi) dan dua Program Studi Diploma III (D III Manajemen Koperasi dan Akuntansi), dengan berpola pada konsep pendidikan mencetak pelaku bisnis “entrepreneurship” dengan berazaskan Koperasi yang tidak ditemui pada STIE lainnya.

Logo STIE Semarang.

Visi & Misi

Visi
Menjadi Perguruan Tinggi yang handal dibidang keuangan dan manajemen bagi lulusan SLTA dan karyawan yang dijiwai Pancasila mengabdi kepada kepentingan dan kemakmuran bangsa khususnya di wilayah Jawa Tengah
Misi
1. Menjadi pilihan studi lanjut bagi lulusan SLTA dan karyawan melalui pelayanan yang baik.
2. Turut serta mendorong pengembangan profesionalisme dan kepribadian
3. Aktif berpartisipasi dalam pembangunan di Jawa tengah khususnya dalam pemberdayaan Sumber Daya Manusia melalui aktivitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
4. Berperan aktif dalam pembangunan manusia (human development) khususnya dalam mengaplikasikan ilmu manajemen yang sesuai dengan kebutuhan pasar dunia kerja.
5. Menerapkan tata kelola PTS secara good governance dan asas ketaatan yang baik


Infrastruktur STIE Semarang
Infrastruktur STIE Semarang
Infrastruktur STIE Semarang
Infrastruktur STIE Semarang

Fasilitas Kampus

  • Gedung berlantai 3 dan berlantai 2 milik sendiri, dengan lokasi strategis dikawasan pendidikan Kota Semarang dengan sarana transportasi yang mudah dijangkau.
  • Ruang kuliah nyaman ber-AC.
  • Laboratorium penunjang mata kuliah, laboratorium komputer.
  • Perpustakaan dengan koleksi buku – bukunya selalu baru dan terpilih.
  • Area parkir yang luas dan aman, dekat sarana ibadah, sarana olahraga, serta kantin.
  • Wi-Fi HotSpot Area untuk menunjang kegiatan belajar siswa.
Aktivitas Mahasiswa
Aktivitas Mahasiswa
Aktivitas Mahasiswa
Aktivitas Mahasiswa

Kerjasama Antar Lembaga & Pengembangan Profesi

Dalam mengembangan mutu dan kualitas pengelolaan pendidikannya STIE Semarang didukung penuh oleh Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Jawa Tengah (DEKOPINWIL), gerakan/jaringan koperasi se-Jawa Tengah disamping secara terus menerus melakukan upaya-upaya pengembangan melalui kerjasama dengan lembaga/instansi baik pemerintah, swasta (dunia usaha), BUMN, BUMD dan lembaga formal maupun informal lainnya.
Selain menjalankan proses belajar mengajar di kelas, praktek kerja lapangan, kuliah kerja usaha, untuk memenuhi kebutuhan dan tantangan dilapangan pekerjaan dan dunia usaha pada umumnya, telah terbentuk lembaga pengembangan profesi dan keterampilan (LP2K STIE Semarang) sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi mahasiswa, dosen maupun staf dan karyawannya dengan kerjasama dengan lembaga-lembaga seperti :

  • Konsultan Manajemen (internal STIE Semarang).
  • Konsultan Akuntansi dan Perpajakan (internal STIE Semarang).
  • Konsultan Peningkatan SDM dan Pengembangan Profesi.
  • Pengembangan Kepribadian (kerjasama dengan Psikologi RS. ST. Elizabeth Semarang).
  • Sertifikasi Manajer Koperasi (kerjasama dengan Lembaga Pendidikan Koperasi Wilayah Jawa Tengah “LAPENKOP”).
  • Universitas Diponegoro.
  • Bappeda Provinsi Jawa Tengah.
  • Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah.
  • Balitbangda Provinsi Jawa Tengah.
  • Lembaga-lembaga lainnya.